|

Ibu Kota Nusantara 100% Energi Hijau – Kendaraannya Listrik

bagikan

IKN (Ibu Kota Nusantara) – Presiden Joko Widodo atau akrab disebut Jokowi mengatakan kalau IKN memakai energi Hijau.

Ibu Kota Nusantara 100% Energi Hijau - Kendaraannya Listrik

Dimana nantinya semua kendaraan yang ada di Nusantara adalah kendaraan listrik. Hal tersebut disampaikan oleh Pak Jokowi ketika saat memberikan pengarahan kepada Kepala daerah se-Indonesia di IKN, pada hari Selasa 13 Agustus 2024. Dikatakan oleh Presiden Jokowi bahwa IKN sekarang ini sudah menggunakan 100% energi hijau.

“Dan juga kedepannya nantu juga akan menjadi tren penggunaan energi hijau. Disini juga, sampai sekarang ini 100% sudah memakai energi hijau” Ucap Pak Jokowi. Di tuturkan oleh pak Jokowi bahwa, ketika IKN dimulai kendaraannya harus sudah kendaraan listrik. “Nanti kalau ini sudah mulai, atau dinyatakan mulai, kendaraannya semua harus kendaraan listrik” Lanjut pak Jokowi.

Presiden Jokowi juga sudah mengecek kualitas udara di IKN kemarin. ia menjelaskan bahwa indeks kualitas udara (AQI) di Ibu Kota Nusantara berada pada angka 6. “Kemarin pagi sudah saya cek, Di IKN Nusantara berapa Air Quality Index nya, hanya 6. Padahal kendaraannya belum listrik, Kalau sudah listrik mungkin jaid 0” Ucap Pak Jokowi.

Lantas Jokowi membandingkannya dengan Singapura yang memiliki AQI sampai 53, menurut pendapatnya udara yang sehat dan baik itu 50. Bukan itu saja Pak jokowi juga menjelaskan transportasi massal energi hijau sudah harus di pikirkan. Dirinya berkaca pada Ibu Kota Negara Jakarta yang sudah memakai beberapa transportasi massal. “Mulai dipikirkan bagaimana membuat transportasi massal dengan basis energi hijau, gas, listrik dan lainnya. Jakarta sekarang udah ada MRT, LRT, kereta cepat, semua itu untuk mengurangi, tapi juga masih kira-kira AQI masih 190-200” Ucap Pak Jokowi.

Baca Juga: Groundbreaking Ke 7 Di IKN Dan Investor Yang Masuk

Ibu Kota Nusantara Akan Ada 60 Danau Kecil

Ibu-Kota-Nusantara-Akan-Ada-60-Danau-Kecil

Pak Jokowi mengatakan kalau IKN dibangun dengan konsep smart city. Dan ia menyebut bahwa nantinya ada 60 danau di IKN bahkan ia meminta untuk menambah jumlah tersebut. “Tadi bapak-ibu liat sendiri bagaimana sebuah kota itu harusnya ada danau kecil atau embung. Itu akan memberikan estetika keindahan dan juga menurunkan suhu di sebuah kota” Kata Pak Jokowi.

“Disini nanti akan dibangun kurang lebih 60 danau kecil atau embung. Saya juga menawar ke  Menteri PU, kalau bisa lipat dua kali lebih banyak atau 3 kali lebih baik”. Katanya pemerintah harus merencanakan lebih banyak embung di IKN Nusantara. Dengan memperhatikan konsep keindahan dan juga lingkungannya. Menurut pak Jokowi hal itu bisa dilakukan dan tidak mahal, karena APBD mampu, hal ini harus di rencanakan, desain, dan jangan asal ada aja, jangan pula seadanya. Disini maksud Pak Jokowi kita harus melihat dari segi keindahan, estetikanya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *