Biaya Bangun Jalan Tol Di IKN Hingga Milyaran Per Kilometer
Jalan Tol yang sudah terbangun sepanjang 67,65 km, total panjang rencana pembangunan mencapai 88,54km sehingga ruas yang belum terbangun 20,89km.
Direktur pembangunan Jalan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementrian PUPR, Wida Nurfaida. Menurutnya, pembangunan jalan di KIPP mayoritas masih menggunakan APBN. Pengeluaran pemerintahan untuk pembangunan jalan di KIPP pada tahun 2024 sebesar Rp 5,23 triliun. Adapun total target panjang jalan 226,87 kilometer, sejauh ini sudah terbangun sepanjang 83,09 kilometer.
Biaya Pembangunan Jalan Tol Di IKN
Pemerintah Indonesia merencanakan pembangunan infrastruktur di IKN untuk mendukung mobilitas dan aksesibilitas, sehingga investasi besar diperlukan untuk menciptakan konektivitas yang baik antara IKN dengan daerah sekitar serta wilayah lainnya. Tentunya, perincian biaya dapat bervariasi tergantung pada lokasi, spesifikasi proyek, dan dinamika pasar di waktu pembangunan berlangsung. Biaya pembangunan jalan tol, termasuk yang direncanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur, memang bisa mencapai miliaran per kilometer tergantung pada berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan Jalan Tol antara lain:
- Topografi dan Kondisi Geografis: Jika lokasi tersebut memiliki medan yang sulit, seperti daerah berbukit atau rawa, biaya konstruksi akan lebih tinggi.
- Material dan Teknologi: Jenis material yang digunakan dan teknologi konstruksi yang diterapkan dapat mempengaruhi biaya. Penggunaan material berkualitas tinggi atau teknologi yang lebih canggih biasanya akan meningkatkan biaya.
- Desain dan Panjang Jalan: Jalan dengan desain yang kompleks atau panjang yang signifikan akan memerlukan biaya lebih tinggi untuk konstruksi dan pemeliharaan.
- Infrastruktur Pendukung: Pembangunan jalur akses, jembatan, dan fasilitas pendukung lainnya juga menambah total biaya.
- Regulasi dan Perizinan: Biaya administrasi dan pemenuhan regulasi terkait juga dapat menjadi faktor penggerak biaya.
- Kemitraan dengan Swasta: Dalam beberapa kasus, kerjasama dengan pihak swasta dapat mempengaruhi pembiayaan dan biaya akhir dari proyek pembangunan.
Baca Juga: Teknologi IKN Di Terapkan Demi Pemerintah Yang Efisien
Rencana IKN Punya Tol Bawah Laut
Rencana IKN (Ibu Kota Negara) yang baru di Nusantara, Kalimantan Timur, memang mencakup berbagai infrastruktur yang ambisius, termasuk kemungkinan pembangunan tol bawah laut. Konsep ini bertujuan untuk memfasilitasi mobilitas dan konektivitas antar wilayah, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi kemacetan lalu lintas di permukaan. Namun, konstruksi tol bawah laut juga memerlukan teknologi yang canggih, investasi yang besar, serta pertimbangan lingkungan yang ketat untuk menjaga ekosistem laut. Tol bawah laut biasanya menawarkan beberapa keuntungan Di IKN, seperti:
- Mengurangi pengaruh cuaca: Infrastruktur bawah laut dapat mengurangi dampak cuaca ekstrem yang dapat mengganggu transportasi di permukaan.
- Meningkatkan efisiensi transportasi: Mengurangi waktu tempuh antara dua titik sehingga mempermudah distribusi barang dan pergerakan orang.
- Meminimalkan lahan yang digunakan: Mengurangi kebutuhan akan lahan di permukaan untuk jalan raya.