Perintah Basuki – Jangan Tebang Pohon Besar di Masjid IKN

bagikan

Perintah Basuki dalam kunjungannya, menekankan pada sirkulasi atau pergerakan jamaah serta ketersediaan lahan parkir dan penghijauan kawasan Masjid Negara.

Perintah-Basuki---Jangan-Tebang-Pohon-Besar-di-Masjid-IKN

Dia pun menegaslan kontraktor dan konsultan manajemen kontruksi untuk segera menyiapkan lahan parkir yang tidak jauh dari bangunan masjid. Selain itu, basuki juga meminta kepada konsultan manajemen Konstruksi (MK) untuk memantapkan akses dan sirkulasi kendaraan bagi 60.000 jamaah. Agar lebih efisien, serta memperbanyak ruang hijau di kawasan masjid.

Perintah Basuki Untuk Pembangunan Masjid IKN

Basuki Hadimuljono memastikan Masjid Negara di IKN harus memenuhi ruang terbuka hijau di area parkiran dan sirkulasi Jemaah. Hal tersebut disampaikannya usai melaksanakan Shalat Jumat sekaligus meninjau perkembangan pembangunan Masjid di IKN. Dibangun setelah dilakukan peletakan batu pertama pada 18 Januari lalu. Sejak awal pada pembangunan Masjid IKn lebih ditekankan pada sirkulasi atau pergerakan jemaah, ketersediaan lahan parkir dan penghijauan kawasan Masjid Negara.

Pembangunan masjid di IKN menjadi simbol penting untuk menciptakan tempat ibadah yang representatif bagi masyarakat di kawasan tersebut. Pembangunan ini juga dapat mencakup beberapa aspek, seperti desain arsitektur yang mencerminkan budaya lokal. Fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas keagamaan dan sosial, serta integrasi dengan rencana pembangunan kota yang lebih luas. Selain itu, masjid juga berfungsi sebagai pusat komunitas yang dapat memperkuat kehadiran nilai-nilai budaya dan religius di ibu kota baru.

Baca Juga: Isi Istana Garuda Di Ibu Kota Nusantara

Gambaran Masjid Negara Di IKN

Gambaran-Masjid-Negara-Di-IKN

Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan salah satu simbol spiritual dan arsitektur modern di Indonesia. Di masa depan, Masjid Negara di IKN diharapkan menjadi pusat keagamaan yang dinamis sekaligus menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Berikut adalah gambaran mengenai Masjid Negara di IKN:

  1. Arsitektur: Masjid Negara dirancang dengan kombinasi elemen tradisional Indonesia dan desain kontemporer. Bangunannya sering kali mencerminkan keindahan geometris yang khas, serta penggunaan material lokal yang ramah lingkungan.
  2. Fasilitas: Selain ruang utama untuk beribadah, masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang pendidikan, perpustakaan, serta area rekreasi yang mendukung kegiatan sosial dan keagamaan.
  3. Lingkungan: Masjid Negara dikelilingi oleh taman-taman yang hijau dan ruang terbuka, menciptakan suasana yang tenang dan mendukung interaksi sosial.
  4. Peran Sosial: Masjid ini berperan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi masyarakat sekitar, serta sebagai tempat untuk mengadakan berbagai acara komunitas dan dialog antaragama.
  5. Pemandangan: Dengan lokasi strategis, Masjid Negara menawarkan pemandangan yang menakjubkan, baik saat sunrise maupun sunset, menambah keindahan dan kesan spiritual bagi para jamaah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *