Anggaran IKN Memerlukan Biaya Yang Sangat Besar

bagikan

Anggaran IKN jumlah yang terserap merupkan 12,1% dari total untuk IKN, yakni Rp 39,8 triliun, dari total tersebut kebutuhan infrastuktur mencapai Rp 36,5 triliun.

Anggaran-IKN-Memerlukan-Biaya-Yang-Sangat-Besar

Dalam tinjauan ini Presiden Jokowi melakukan pengecekan kesiapan lokasi untuk upacara HUT Republik Indonesia ke-79. Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Sudah di cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara semuanya sudah tidak ada masalah. Presiden Jokowi juga menyatakan kesiapnnya untuk berkantor di IKN Nusantara per Juli saat ini menunggu ketersediaan air di IKN. Kemarin juga sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN.

Realisasi Anggaran IKN Capai 5,5 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan realisasi Anggaran IKN untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai Rp5,5 triliun per 31 Mei 2024, naik Rp700 miliar dari realisasi akhir April sebesar Rp4,8 triliun.

1.  Tahapan Pembangunan Infrastruktur

Anggaran itu digunakan untuk pembangunan klaster infrastruktur serta noninfrastruktur. Berikut Pembangunan Infrastruktur:

  • Untuk realisasi klaster infrastruktur tercatat sebesar 3,4 triliun dari pagi Rp 36,7 triliun.
  • Anggaran digunakan untuk pembangunan gedung di kawasan Istana Negara, kementrian koordinator dan kementrian lain, serta gedung Otorita IKN (OIKN).
  • Kemudian, untuk pembangunan tower rusun ASN pertahanan keamanan (Hankam), rumah tapak menteri, dan rumah sakit IKN. Anggaran juga digunakan untuk pembangunan jalan tol IKN, jalan dan jembatan IKN, serta bandara VVIP.

2. Tahapan Pembangunan Noninfrastruktur

Selanjutnya, realisasi klaster noninfrastruktur digunakan untuk penataan dan penyempurnaan kawasan Bendungan Sepaku Semoi.

  • Embung KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), dan pengendalian banjir IKN. Sementara klaster noninfrastruktur tercatat sebesar Rp 2 triliun dari pagu Rp 3,3 triliun.
  • Laporan dan rekomendasi kebijakan pada kementerian atau lembaga.
  • Kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi; dukungan pengamanan Polri.
  • Serta operasional OIKN.

Baca Juga: Pro Kontra Pada Rencana Pemindahan IKN Nusantara

Pendanaan Anggaran IKN

Pendanaan-Anggaran-IKN

Pembangunan dan pengembangan IKN direncanakan untuk dilaksanakan secara bertahap sampai dengan tahun 2045. Tahap awal pembangunan dilakukan dalam kurun 2022-2024 dan pada tahun 2024 ditargetkan dapat dilaksanakan pemindahan awal. Berdasarkan tata waktu IKN, periode pengembangan IKN dimulai pada tahun 2022 dan dalam periode perencanan IKN jangka panjang, diproyeksikan sampai dengan tahun 2045. Pembangunan IKN diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 466 triliun. Namun, pemerintah hanya berkomitmen untuk menginvestasikan 19% Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari total dana yang dibutuhkan, menurut situs resmi proyek tersebut. Prioritas pembangunan meliputi jalan utama, infrastruktur sanitasi air, istana presiden dan kantor wakil presiden, menurut Kementerian Pekerjaan Umum.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *