Peresmian Jembatan Pulau Balang Di IKN Nusantara Oleh Jokowi

bagikan

Peresmian Jembatan Pulau Balang yang di resmikan oleh presiden Joko Widodo, berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Peresmian-Jembatan-Pulau-Balang-Di-IKN-Nusantara-Oleh-Jokowi (1)

Selain untuk menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jembatan Pulau Balang juga menjangkau Provinsi Kalimantan Selatan.

Reiza Setiawan yang merupakan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur. Ia mengatakan bahwa saat ini progres pembangunan Jembatan tersebut sudah memasuki tahap akhir. Jembatan ini sekarang sedang dalam tahap proses perbaikan visual, Reiza menjelaskan bahwa manfaat utama dari Jembatan ini adalah mempercepat akses dari Balikpapan menuju IKN. Menurut reja jembatan tersebut dapat mengurangi waktu perjalanan yang cukup signifikan. “Perjalanan dari Balikpapan ke IKN melalui jalan nasional butuh waktu sekitar 2,5 jam. Adanya jembatan dan jalan tol yang fungsional tersebut, waktu tempuh akan berkurang menjadi sekitar 1,5 jam” Ucap Reiza.

Anggaran Pembuatan Jembatan Pulau Balang

Anggaran-Pembuatan-Jembatan-Pulau-Balang

Jembatan berjenis cable stayed ini dibangun dengan total (mainspan) panjang rentang utama dan (sidespan) rentang samping mencapai 804 meter. Jembatan tersebut memiliki empat jalur dengan total lebar mencapai 17,5 meter, menjadikan kapasitas lalu lintas yang lebih besar. Reiza juga mengatakan jembatan tersebut menghabiskan biaya fisik sebesar Rp1,4 triliun yang didanai oleh (SBSN) Surat Berharga Syariah Negara. Meskipun jalan tol yang menghubungkan jembatan belum selesai sepenuhnya.

Uji coba operasional dilakukan hari ini dengan rencana penggunaan terbatas hingga pekerjaan selesai sepenuhnya. Menteri Sekretaris Negara Pratikno ikut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian tersebut, dan juga Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri (ATR/BPN) Agraria Tata Ruang atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni yang juga, Wishnutama Kusubandio, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, serta sejumlah penggiat seni dan influencer Tanah Air.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *