|

Daftar Negara Yang Terlibat Pada Pembangunan IKN Nusantara

bagikan

Pembangunan IKN Nusantara – Rencana pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke kalimantan di sambut baik oleh banyak Negara.

Daftar-Negara-Yang-Ikut-Terlibat-Pada-Pembangunan-IKN-Nusantara

Negara yang sedang dalam proses kesepakatan berinvestasi di IKN. Adapun kelima negara yang dimaksud adalah Korea Selatan, Jepang, China, dan Uni Emirat Arab.

Daftar Negara Yang ikut Dalam Pembangunan IKN Nusantara

Bukan hanya itu, saat ini juga sudah banyak investor domestik mulai dari (UMKM) lingkup Mikro Kecil Menengah hingga investor besar yang berminat untuk berinvestasi pada proyek agung IKN.

  • Investor Prancis: Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Prancis, diketahui mengapresiasi rencana investor menanamkanmodal pada sektor strategis di Indonesia. Salah satunya di ibu kota negara IKN Nusantara.
  • Cina: Dalam pertemuan itu, Jokowi mendorong implementasi Konkret kerja sama antara Indonesia dan Cina dalam pembangunan konstruksi IKN. Dari hasil pertemuannya dengan XI Jinping, menyampaikan minat investasi Cina ke Indonesia cukup besar.
  • Malaysia Dan Brunei: Perusahaan Asal Malaysia Dan Brunei Komitmen bisnis dari Malaysia dan Brunei tersebut didapatkan OIKN pada acara Borneo Business Roundtable yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan (ASEAN-BAC) ASEAN Business Advisory Council.
  • Aguan: Aguan telah didapuk sebagai pemimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN di IKN Nusantara.
  • Jepang: Menyediakan dukungan finansial dan teknis untuk proyek infrastruktur dan pengembangan kota. Japan Bank for International Cooperation (JBIC), perusahaan konstruksi dan teknologi Jepang seperti Shimizu Corporation dan JICA (Japan International Cooperation Agency).
  • Korea Selatan: Konstruksi dan pengembangan teknologi serta infrastruktur. (Hyundai Engineering & Construction, SK Group Korea Land & Housing Corporation).
  • Jerman: Dukungan finansial dan teknis untuk proyek-proyek berkelanjutan dan infrastruktur.
  • Arab Saudi & Negara Teluk Arab: Dukungan investasi dalam sektor infrastruktur dan pengembangan ekonomi.

Baca Juga: Pembangunan Arsitektur IKN Dibuat Dengan Konsep Biomimikri

Berikut Ini Fokus Para Investor

Berikut-Ini-Fokus-Para-Investor

Kepala Otorita IKN yaitu Bambang Susanto mengatakan kelima negara di atas saat ini sedang dalam proses kesepakatan. Ia memastikan bahwa IKN Nusantara nantinya akan menjadi smart city impian banyak orang. Dimana seluruh pembangunannya akan menerapkan Sustainable Development Goals (SDGS). Presiden menjelaskan juga, bahwa sektor swasta yang sudah masuk pada tahap awal, akan disiapkan sebesar 300 paket investasi. Sektor yang dapat dijajaki investor, yakni sektor perumahan, energi, transportasi, teknologi, dan masih banyak lainnya. Jokowi menjelaskan pula terkait insentif yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Investor Nusantara, utamanya insentif fiskal seperti tax holiday, non-collective value-added tax, super deduction tax, dan bea impor. Ada beberapa hal yang menjadi fokus investor.

  1. terkait jumlah warga yang menghuni, dimana setidaknya pada 2024 Nusantara akan dihuni oleh 200.000 orang.
  2. Akses dan Konektivitas, pada tahun ini akan ada jalan tol yang menghubungkan Balikpapan-Nusantara dengan rentang waktu 40 menit-50 menit saja.
  3. Terkait Stimulus Insentif dalam situasi ini mempertahankan daya beli masyarakat dan mendorong produktivitas ekonomi
  4. Nusantara Merupakan kota netral karbon pertama di Indonesia, dengan fasilitas pendidikan dan kesehatan berkelas dunia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *